Tips dan Trik Membuat Lagu Sederhana

Posted by Unknown Sunday, June 24, 2012 4 komentar
Tips dan Trik Membuat Lagu Sederhana - Di artikel kali ini saya akan memberikan tips untuk membuat sebuah lirik lagu dan menjadi sebuah lagu yang nantinya akan bisa di gemari. Semoga Tips dan Trik Membuat Lagu Sederhana banyak manfaatnya buat anda. Siapa tau lagu ciptaan anda di lirik oleh management / label ternama. 

Lagu adalah suatu rangkaian atau ungkapan perasaan kita yang dituangkan kedalam sebuah kertas dan diiringi oleh alunan nada-nada. Banyak pencipta lagu hebat di Indonesia anda pun bisa menjadi pencipta lagu yang hebat. Sebagai contoh Ariel Peterpan, siapa yang tak kenal dengan pentolan dari Grup Band Peterpan. Dia adalah seorang songwriter atau disebut juga pencipta lagu dengan penuh artian yang mendalam dan enak untuk didengar. Dia mendapat sebuah inspirasi dari sebuah pengalaman, jadi yang dimaksud oleh dia adalah baik buruknya pengalaman seseorang itu merupakan suatu anugrah. Di setiap lagu buatannya kita pasti ada pesan yang tersirat di setiap liriknya itu, lirik lagunya pun gampang di hafal oleh para penggemarnya. Nama Ariel tak sebagus hasil karyanya yang beberapa tahun lalu dia terkena kasus fatal yang menyeret namanya ke balik jeruji. Meskipun dia sedang berada di sel tahanan dia pun tetap bekarya menghasilkan single terbarunya. Ini juga yang dia maksud dengan baik buruknya pengalaman itu adalah sebuah anugrah. Baca juga Cara Melawan Bau Mulut Tak Sedap.

Trik Membuat Lagu Sederhana
Trik Membuat Lagu Sederhana
 Dalam pembuatan lagu sang pencipta / grup band di tuntut untuk :
  • Benar-benar menghayati pesan apa yang ada di dalam setiap lirik lagu yang diciptakannya, mencurahkan semua yang terkandung didalam isi kandungan lirik tersebut dan mensinkronisasikan dengan sebuah nada-nada.
  • Membuat rangkaian nada-nada yang tepat untuk mengiringi sebuah lirik lagu tersebut agar cara penyampaian pesan yang terkandung itu tersampaikan kepada para audience.
Jadi sang pencipta lagu dan grup band tersebut memperoleh suatu kepuasaan dan kesenangan pada saat mengaransemen lagu tersebut. Dan para audience tersebut juga dapat merasakan sesuatu kepuasaan dan kesenangan pada saat mendengar sebuah lagu.

Berikut ini adalah cara membuat lagu terasa indah dan enak didengar, mari kita simak unsur apa sajakah yang terkandung dalam lagu tersebut agar enak didengar :

1. Harmonisasi
Pengertian sederhananya adalah kesesuaian dan keseimbangan nada dengan suatu instrumen dengan  nada-nada dari instrumen yang lainnya.

2. Melodis
Arti dalam kata melodis ini adalah pergerakan/perubahan tinggi rendahnya suatu nada yang dimainkan dari bait ke bait yang lainnya.

3. Irama/Ritme
Pengertian dari suatu Ritme adalah suatu perulangan dari nada-nada yang mengiringi sebuah lagu.

4. Alunan Emosi 
Pengertian alunan emosi adalah tahap pencurahan emosi dalam sebuah lagu.

5. Suasana atau Nuansa
Nuansa adalah suatu suasana yang terdapat dalam isi lagu. Jadi para audience pun akan merasakan dan terbawa pada suasana yang tercurah dari isi kandungan lagu tersebut.

Sedangkan tips untuk membuat lirik lagu diantaranya :

1. Kata perkatanya tidak hyperbola (pas dan tidak berlebihan).
2. Mempunyai tema yang menarik, agar para audience senang mendengarnya.
3. Mengalir saja pada saat mengarang.
4. Jangan memaksakan diri untuk hasil yang sempurna.

Semua itu adalah tips membuat lirik lagu yang dapat saya simpulkan, inti dari pembuatan lirik itu tidak berlebihan dan jangan melihat kalo lirik itu harus sempurna, karena kalo kita mengalir dengan apa yang kita rasakan dan memadukan dengan alunan-alunan nada yang tepat untuk mengiringi lirik lagu. Hasilnya para audience lah yang akan menilai hasil karya mu. 

Demikian Tips dan Trik Membuat Lagu Sederhana yang dapat saya sampaikan, semoga tips dan trik ini dapat bermanfaat untuk kawan-kawan yang ingin menjadi seorang songwriter atau pencipta lagu. Jangan lupa baca artikel yang tak kalah menarik dari Tips dan Trik Membuat Lagu Sederhana, tunggu artikel-artikel lainnya hanya di sorotan terkini.
Anda sedang membaca artikel tentang Tips dan Trik Membuat Lagu Sederhana dan anda bisa menemukan artikel Tips dan Trik Membuat Lagu Sederhana ini dengan url http://sorotanterkini.blogspot.com/2012/06/tips-dan-trik-membuat-lagu-sederhana.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tips dan Trik Membuat Lagu Sederhana ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Tips dan Trik Membuat Lagu Sederhana sebagai sumbernya.

Silahkan sobat tinggalkan komentar jika dirasa ada informasi yang sobat butuhkan

4 komentar:

  1. Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi menarik tentang tips dan trick membuat lagu sederhana adalah merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kami... teruslah berbagi informasi

    ReplyDelete
  2. terimaksih atas infonya,jangan lupa mengunjungi alamaat kami http://www.unsri.ac.id

    ReplyDelete